Rabu, 20 Desember 2017

TAMAN BACA MASYARAKAT

TAMAN BACA MASYARAKAT
Berawal dari sebuah gagasan dari teman-teman pecinta alam Bandar Lampung, Taman Baca Masyarakat (TBM) memiliki tujuan untuk memberikan bantuan edukasi, pelayanan pendidikan informal, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan secara sukarela, dan sumber dana yang sifatnya swadaya.

Bertempat di Pasar Kangkung dan Pasar Cimeng, Teluk Betung, Bandar Lampung, TBM memulai kegiatannya dengan memberikan bantuan buku bacaan gratis yang bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Tetapi untuk sementara ini, fokus mereka lebih kepada membantu anak-anak sekolah dasar dalam belajar dan memahami pelajaran. Aktivitas mereka lebih banyak dilakukan pada saat jam-jam sore hari yang biasanya hanya dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain. Sehingga, selain bermain, anak-anak tersebut juga bisa belajar.

Beberapa mahasiswa-mahasiswi Akafarma Putra Indonesia, Universitas Malahayati Bandar Lampung juga terlibat aktif dalam kegiatan kemasyarakatan ini. Hal ini sejalan dengan misi yang diusung oleh Jurusan Akafarma yang salah satunya adalah "mengembangkan dan menerapkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat".

Menurut Marleni, salah satu mahasiswi Akafarma angkatan 2015 yang aktif ikut dalam kegiatan TBM ini, anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka sangat senang dengan sistem yang diterapkan oleh teman-teman yang ada di TBM. Yaitu belajar sambil bermain.
Tetapi masih terdapat kendala yang dialami dalam kegiatan TBM ini. "Salah satu kendalanya adalah kurangnya buku bacaan yang ada di TBM. Sehingga TBM sangat mengharapkan bantuan berupa buku bacaan terutama untuk anak-anak" ujar Marleni.

Semoga dengan tulisan ini, ada donatur yang bersedia untuk membantu memberikan buku bacaan yang sudah tidak terpakai tetapi masih bisa dimanfaatkan untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Salut untuk teman-teman di Taman Baca Masyarakat. Terus berjuang.

Penulis

Robby Candra Purnama

Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan TBM





Tidak ada komentar:

Posting Komentar